Monday 12 January 2015



   Dalam setiap akun atau pembuatan akun di internet adalah membutuhkan alamat email pribadi,berhubung ini adalah masalah pribadi maka perlu dijaga kerahasiaanya untuk mengantisipasi keamanan akun sobat.intinya adalah bahwa email sobat adalah kuncinya..jika email sobat lupa atau dicuri orang maka akun sobat yang terhubung atau menggunakan email tersebut akan terancam hilang atau dicuri orang-orang yang tidak bertanggung jawab.nah...untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka perlu mengamankan alamat email sobat.umumnya banyakan orang menggunakan email yahoo dan gmail.

Cara Mengamankan Email Yahoo

1.Ketika sobat membuat atau mendaftar email daftarkan lah nomor handphone yang aktif dan gunakan pertanyaan keamanan untuk lebih aman.

2.Jika sudah membuat email dan merasa belum aman,ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Log in ke mail.yahoo.com
  • Setelah log in dan masuk ke dalam email,arahkan cursor ke nama sobat di kanan sudut atas dan klik email anda (klik email seperti yang di dalam kurung)
   Akan muncul beberapa pengaturan untuk kemanan akun dan gantilah kemanan sesuai kebutuhan sobat.dan yang paling disarankan adalah mengisi keamanan ini.
Dibagian Setting " Sign-in and Security" Aturlah kemanan ini :
1.Change password : untuk mengubah password sobat (ubah sesering mungkin,setidaknya sekali sebulan agar lebih aman).
2.Update Password reset info :
  • Masukkan phone number dan verifikasi,akan dikirim code konfirmasi melalui sms ke nomor yang sobat daftarkan.
  • Trusted contacts : Adalah nomor HP yang bisa di percaya,misalnya nomor hp orang tua anda,nomor hp adek atau kaka.fungsinya adalah jika suatu saat password anda lupa dan nomor hp anda tidak akttif lagi atau HP anda hilang maka akan dikirim ke nomor Hp itu.ketika mendaftarkan trusted contacts tidak memerlukan verifikasi.
  • Secret Question : Adalah dua pertanyaan keamanan,pertanyaan kemanan ini akan muncul ketika anda mencoba mereset password karena lupa password.pilih lah dua pertanyaan sesuka hati anda dan buat lah jawabanya yang ngawur agar susah ditebak orang lain.tapi anda harus mengingat jawabanya.yang terpenting adalah jawabanya.
  • Email Addres : Adalah email recovery,dimana sobat disuruh mendaftarkan email lain.dengan maksud dan tujuan jika suatu saat sobat lupa password maka reset passwordnya akan dikirimkan ke email itu.gunakan email anda yang lain misalnya email di gmail dll.jagan email orang lain.
Cukup melakukan hal itu alamat email sobat akan aman jaya.namun berhati-hatilah dengan jebakan-jebakan betmen yang beredar yang bisa meretas atau mencuri akun anda.perlu diperhatikan untuk kemanan tambahan :
  • Berhati-hatilah jika menggunakan komputer umum seperti warnet atau lainnya,karena kadang ada orang iseng menggunakan keylogger untuk mencuri password anda.disarankan jangan log in di komputer umum.jika penting sekali gunakan komputer/laptop teman sobat.
  • Bedakan lah password email sobat dengan password akun lainnya,terutama ketika pendaftaran disuatu situs...apalagi situsnya rada-rada kurang jelas.
  • Jangan gunakan email penting untuk mendaftar di situs-situs yang tidak jelas.apalagi email anda adalah email untuk bekerja atau rahasia.
Semoga membantu....
Categories:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment