Wednesday 20 March 2024

 

Apa itu ekuinoks?

Ekuinoks atau equinox berasal dari bahasa latin,yang dimana aequus yang berarti sama,dan nox yang berarti malam.jadi ekuinoks adalah fenomena dimana matahari melintas tepat diatas garis khatulistiwa.dan ketika fenomena ekuinoks muncul,jumlah malam dan siang sama di seluruh dunia.

Fenomena ekuinoks terjadi dua kali dalam setahun,yaitu di bulan maret dan bulan september.perkiraan ekuinoks muncul setiap tahunnya yaitu kira-kira pada tanggal 19 - 21 maret setiap tahun dan antara 21 - 24 september setiap tahunnya.dan biasanya fenomena ini disertai dengan langit cerah dan suasana cuaca yang agak panas.

Ekuinoks ada dua jenis,yaiut ekuinoks vernal,yaitu ekuinoks yang terjadi di musim semi tepat di suatu belahan bumi.ekuinoks ini biasa terjadi dibulan maret.dan ada ekuinoks autumnal,yaitu ekuinoks yang terjadi saat musi gugur disuatu belahan bumi,dan ekuinox autumnal ini biasa terjadi di bulan september setiap tahunnya.

Ekuinoks vernal yang terjadi di bulan maret juga menandakan berakhirnya musim dingin dan memulai musim gugur di belahan bumi sebelah utara.dan bertanda berakhirnya musim panas dan mulainya musim gugur di belahan bumi sebelah selatan.

Ekuinoks autumnal yang terjadi di bulan september juga menandakan berakhirnya musim panas dan dimulainya musim gugur di belahan bumi utara.dan berakhirnya musim dingin dan mengawali musim semi di belahan bumi selatan di bulan september.


Categories:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment