Friday 26 April 2024

 Cara Menghubungkan Jaringan Internet dengan Smart TV


Satu-satunya televisi yang bisa terhubung ke jaringan internet adalah smart tv,smart tv adalah televisi yang sudah menggunakan operation system seperti komputer dan handphone.televisi jenis ini sudah dilengkapi dengan adaptor jaringan internet.sekalipun smart tv sudah dilengkapi dengan adaptor internet,smart tv tetap bisa mengakses siaran televisi sebagaimana biasanya.

Smart tv di pasaran sudah banyak menggunakan beberapa os (operation system),seperti tv android adalah smart tv yang menggunakan operation system android.jadi televisinya menggunakan os android dan tetap termasuk smart tv.walaupun os nya berbeda-beda semua televisi yang menggunakan os disebut smart tv atau tv pintar.

Televisi ini bisa mengakses banyak aplikasi seperti komputer dan handphone,terutama yang berhubungan erat dengan video.misalnya mengakses youtube,mola tv,tiktok,premiere leaugea,menonton di netflix dan aplikasi lainnya yang menggunakan koneksi internet.

Buat kita yang kurang menyukai siaran televisi biasa dengan acara yang sudah membosankan sangat sesuai untuk memiliki smart tv ini.kita tidak akan rugi jika tidak menonton seperti menggunakan tv kable dan jika ingin menonton kita cukup menggunakan jaringan internet kita.kita tinggal menghubungkan jaringan internet ke smart tv kita,misalnya bisa menggunakan modem router,modem portable atau menggunakan jaringan internet dari handphone menggunakan hotspot.


Cara menghubungkan jaringan internet ke smart tv

Menghubungkan jaringan internet hotspot handphone ke smart tv

  • Hidupkan hotspot pribadi di handphone
  • Hidupkan smart tv
  • Buka menu setting di smart tv
  • Buka sub menu internet atau jaringan,umumnya settinganya bergambar bulat dengan jaring
  • Di bagian Interface pilih : wireless
  • Wake on Lan Pilih : Off
  • Dibagian Wireless Setting pilih : Scan.tunggu sebentar sampai jaringan hotspot terdeteksi.setelah selesai scan,pilihlah jaringan hotspot yang sesuai dengan nama hotspot di handphone kita.kemudian masukkan password jika menggunakan password dan klik connect.
  • Internet dari hotspot handphone kita akan terhubung jika password sesuai.dan selesai
Cara diatas juga berfungsi untuk menghubungkan dengan hotspot modem router dan modem portable.cukup menghubungkan dengan nama hotspot yang diinginkan dan memasukkan password yang sesuai.umumnya cara diatas bisa digunakan untuk semua merk smart tv.mungkin tata letak atau urutan settinganya saja berbeda tetapi caranya tetap hampir sama dengan cara diatas.

Jika kita ingin menghubungkan smart tv dengan jaringan internet menggunakan kabel jaringan yang menggunakan kepala kabel rg45,kita tinggal setting dibagian Interface dan pilih : Ethernet.karena smart tv juga dilengkapi dengan slot atau lubang untuk kepala kabel jaringan yang cocok dengan rg45.selain cara diatas,beberapa smart tv juga bisa dihubungkan dengan jaringan internet handphone menggunakan tethring bluetooth.


Masalah yang sering terjadi menghubungkan internet ke smart tv

Modem portable,router tidak bisa terhubung ke smart tv
   Jika kamu menggunakan modem portable dan router,terkadang jaringan suka disconnect.sebenarnya masalah ini umum terjadi.untuk mengatasinya kita bisa mencoba restart modem dan router,kemudian hubungkan kembali ke smart tv.
   Untuk yang menggunakan kabel jaringan,jika memiliki masalah bisa juga melakukan restar pada routernya atau radio atau juga hub yang digunakan.jika tetap tidak bisa connect,kita bisa periksa kepala rg45 yang terpasang atau yang dicolokkan ke smart tv.atau bisa mengganti kepala rg45 dengan yang baru.


Jaringan internet Hotspot dari handphone tidak bisa terhubung ke smart tv

Masalah ini sering terjadi ketika menghubungkan hotspot handphone untuk pertama kalinya ke smart tv atau sudah pernah menggunakan hotspot  dari handphone tetapi bermasalah ketika menggunakan handphone yang baru.dan ketika melakukan scan jaringan di smart tv selalu gagal walaupun password sudah benar dan sesuai nama hotspot yang diinginkan.

Permasalahan seperti ini biasanya terletak pada settingan jaringan hotspot di handphone kita,untuk solusinya kita bisa membuka bagian setting hotspot di handphone kita.



Pada bagian keamanan,pilih WPA2.kemudian hubungkan jaringan hotspot handphone ke smartv sesuai cara pertama diatas dan gunakan password yang sesuai di settingan hotspot handphone.jika tetap tidak terhubung,kita bisa mencoba WPA2/WPA3 di setting hotspot handphone dan ulangi hubungkan ke smart tv.jika tetap gagal coba pilih keamanan WPA 3 dan seterusnya sampai terhubung ke smart tv.

Jika semua opsi keamanan sudah dicoba semua dan tetap tidak bisa terhubung ke smart tv,kita bisa mencoba menghubungkannya tanpa keamanan dan bisa memilih opsi Tidak ada di bagian keamananan di settingan hotspot.menggunakan settingan ini tidak membutuhkan password ketika terhubung dengan password.jadi jika ingin menggunakan opsi ini baiknya batasi jumlah pengguna yang bisa mengakses hotspot kamu.atau cukup setting batasan pengguna hanya satu yaitu untuk terhubung ke smart tv saja.karena jika tidak dibatasi penggunanya,maka orang lain akan bebas menggunakan hotspot kita.

Pertanyaan,masukan dan kritik silakan tinggalkan di komentar,cara ini hanya sesuai menurut penulis dan tidak di paksakan atau tidak menjamin permasalahan clear.cara diatas adalah cara umum untuk mengatasi permasalahan jaringan hotspot handphone tidak bisa terhubung ke smart tv.

Categories: ,
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment